Tips Membeli Charger Berkualitas Untuk Smartphone

Birul.id - Tips membeli Charger Smartphone Berkualitas Bagus tentunya butuh ketelitian yang sangat extra. Banyaknya Charger ( cas handphone ) yang beredar di pasaran dengan banyak sekali brand dan kualitas yang berbeda-beda bisa saja membingungkan kita untuk mencari charger yang berkualitasnya super bagus untuk smartphone/handphone.
Tips Membeli Charger  Berkualitas Untuk Smartphone

Sangat di himbau sekali jangan asal membeli charger untuk Smartphone anda, walaupu cocok belum tentu bisa awet, baik untuk chargernya sendiri, dan bahayanya juga bisa merusak komponen di handphone anda nantinya.

Bagaimana Cara Memilih Charger Smartphone yang Baik?

Sebelum membeli charger baru, kenali dulu cara kerja dan standar charger smartphone yang beredar, khususnya di Indonesia. Sebenarnya apasih fungsi charger itu? mengisi baterai smartphone, ya memang itulah fungsi utama, tapi yang dimaksut disini fungsi yang lebih mendalam, ialah mempunyai fitur menurunkan dan merubah arus listrik dari PLN.

Di Indonesia yang mempunyai standart voltase 220V. Jika diperhatikan, charger akan ada keterangan menyerupai gambar diatas

Gambar charger diatas membuktikan Input dan output arus yang bisa dilakukan charger tersebut. Untuk menentukan charger handphone yang baik, anda bisa memperhatikan pola menyerupai keterangan yang tertera di charger

Input:100-240V 50/60Hz
Yang artinya, charger handphone ini bisa bekerja diarus listrik antara 100V hingga dengan 240V. Karena di Indonesia PLN memakai standar 220V. Charger ini bisa dipakai diatara angka tersebut, dan dilarang melebihi 240V kalau melebihi charger akan rusak.

Sedangkan frekuensi menunjukkan kurang lebih 50 hingga 60Hz (Hertz) yang artinya charger bisa dipakai di frekuensi 50Hz hingga 60Hz. Sedangkan frekuensi standar PLN bekerja difrekuensi 50Hz, jadi charger tersebut bisa dibilang memenui kriteria.

Output: 5V-2000mA/maH ( miliampere Hour )
Dari keterangan tersebut, kita bisa menyimpulkan voltase yang telah diubah dari Input 220V tadi menjadi 5V dan arus menjadi kurang lebih sekitar 2000mA.

Dengan mengetahui spesifikasi yang ada di charger, kemudian bagaimana cara mengetahui apakah charger yang akan kita beli cocok dengan handphone? Agar sesuai, Alangkah baiknya perlu kita ketahui juga spesifikasi baterai yang ada di handphone kita. Didalam baterai biasanya tertulis 3,7V yang artinya minimum voltase ke handphone semoga bisa mengisi daya baterai dan kapasitas ampere dengan ditandai sebagai contoh 2600mA.

Jadi, dikala kita mempunyai handphone dengan kapasitas baterai 3,7V-2600mAh, yang dicharger memakai charger 5V-2000mAh akan jauh lebih cepat pengisiannya ketimbang memakai charger dengan 5V-1000mAh. Disinilah tugas ampere (mA) yang menentukan kecepatan isi ulang.

Semakin besar nilai ampere (mA) charger semakin bagus? tidak juga, lantaran ada juga handphone yang justru akan mengalami panas berlebih dikala di cas memakai charger yang mempunyai mA besar. Hal ini dikarenakan over tegangan yang bisa saja memperpendek umur baterai.

Tips Memilih Charger HP Berkualitas Bagus

Untuk mengetahui apakah charger yang anda pilih mempunyai real ampere, bisa memakai aplikasi Ampere khususnya untuk handphone android. Dengan aplikasi yang bisa anda download dari play store, anda bisa mengetahui warta pengisian daya. Hasil test yang saya coba menghasilkan warta sebagai berikut ini.

Tips Memilih Charger Smartphone Berkualitas Bagus tentunya butuh ketelitian yang lebih Tips Memilih Charger  Berkualitas Bagus
Dari warta diatas, memakai charger abal-abal seharga 40ribuan. Yang tertulis 2A, terlihat dari warta diatas menunjukkan 1500mA atau 1,5A. Seharusnya bisa mendekati nilai real kalau chargernya bagus.

Dari klarifikasi singkat diatas, bisa kita simpulkan untuk menentukan charger yang berkualitas bagus. Pilih yang sesuai dengan spesifikasi yang bisa mengimbangi dan cocok untuk handphone anda. Kualitas yang elok tentunya juga sebanding dengan harga, pilih brand charger yang mempunyai reputasi bagus, dan garansi yang jelas

Permasalahan yang sering timbul?

Pegisian yang terlalu lama 
Permasalahan ini bisa disebabkan lantaran nilai ampere di charger telalu kecil dan kapasitas baterai yang besar. Permasalahan lain bisa disebabkan oleh kabel USB untuk menuntaskan bisa mencoba mengganti kabel USB yang bagus


Handphone error layar sentuh berjalan sendiri dikala di charger


Kondisi menyerupai ini, terjadi lantaran ampere dari charger yang terlalu besar atau juga bisa terlalu kecil. Tidak setabil sehingga menjadikan layar handphone berjalan sendiri. Coba ganti dengan adapter lain untuk mengatasinya.

Semoga artikel ini membantu anda dalam Hal Membeli Charger  Berkualitas Untuk Smartphone, sekian dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli Charger Berkualitas Untuk Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel